Curhatan Ann 1

01.16 Pohon Belimbing 1 Comments


Kenapa sih setiap kita minta orang untuk nyeritain tentang kisah cintanya, everyone just tell me about heartbreaks. Dan Ann, okay, sudah ganti nama jadi Ann. Ann tuh bingung banget aja, apa bener love is just about heartbreaks? Iya, banyak banget. Ngeh nggak sih, kalo kita dengerin temen kita curhat, really, dikit banget yang bilang ‘omg i love him’ ‘oh god i love her’ ‘i just kissed her, and she’s blushed or ‘omg it’s the cutest thing i’ve ever see’. Somewhat pernah mikir juga apa jangan jangan orang takut curhat gitu karena takut dikatain
Iya, kayak Ann aja. Zaman masih lovey-dovey banget bangetnya sama itu, iya baca ‘Cerita Figuran’ sebelumnya deh. Setiap cerita, semua orang ngatain;
“Apasih alay baru puber lo’
“He’s not that cute. You moron”
“You deserve someone better than this asdfghjkl”

Padahal, love is just love. Senasi meledak meledak, nyengar nyengir, stupid, dan lain lainnya itu emang disgusting, tapi, menyenangkan kok. Memang sih kalau salah, iya iya Ann salah gengs, cinta yang kayak gitu bakal ngancurin hidup lo. Tapi ya begitulah cinta. Addictive, and dangerous.
Tapi lucunya, people more interesting justru ketika kita cerita about love (baca:heartbreaks) kayak sad story, atau anything else. Dan wow, seketika mereka yang ngata ngatain itu jadi pahlawan yang kepingin Ann peluk pelukin ampe sesek. Iya seketika mereka jadi wise, jadi lovely, jadi sahabat yang paling baik. Dan ironisnya, that’s love.

Iya gue yakin lo pada nggak ngerti karena pas gue baca paragraf di atas itu aneh. Maksudnya gini gini, Sebenernya love yang ada di benak kita itu apa sih? Nah pikir deh tuh sendiri, Ann baru sembuh vertigonya jadi untuk describe something spiritual, gue nggak berhak. Nah, kenapa people, lebih suka ketika kita ngomongin love as a heartbreak, karena people itu mau nunjukin, definisi love menurut mereka, mereka mau nunjukin love mereka. For example, ada yang curhat abis dimarahin pacarnya karena nggak ngabarin, nah Ann mungkin bakal jawab “ih bego kenapa gitu sih” because, Ann’s definition of love memang nggak match sama perilaku kayak gitu, tapi Ann ngomong gitu buat apa, buat mempertegas definisinya sendiri. Coba kalo misalnya nih, dia curhat sama B, sebut aja Bibu, nah Bibu jawab “ya bagus dong, tandanya pacar lo perhatian”. Nah beda kan? Karena definisi lovenya si Bibu, match sama perilaku itu. Dan mereka, bertindak, be a hero, kayak gitu, karena apa. Karena love kan?

Jadi udah ngerti love itu apa? Iya bener gitu gitu. Wahahahaha.

Okay, back to why people tonly talk about heartbreaks? Ini sekarang bahas ke storytellernya, ke yang ngomonginnya. Kenapa coba? Kalau Ann, Ann ini sih tipikal bacot dari yang happy sampe sedih diceritain. Tapi kan nggak semua orang kayak Ann. Nih Angel kasih contoh (btw ini namanya bener bener fiksi)

1.      Ma and Ra, sampe sekarang mereka pacaran dan gue cuma tau pait paitnya. Mangkanya jangan salahin gue dong kalo setiap Ma cerita, gue diem. Iya diem. Habisnya nih, Ma kalo cerita only about Ra yang sibuk banget lah, Ra yang posesif lah, Ra yang selingkuh lah. Tapi Ann yakin Ma nggak mungkin bertahan kalau nggak ada ya setidaknya, one good reason to stay.
2.      Je and Ye, Je only said that Ye itu abusive, baik secara verbal maupun fisik. But, mereka pacaran udah dua tahun. So?
3.      Okay, ini yang belom pacaran juga gue kasih contoh, Tu dan Hu, lah kayak india tum hi ho, oke ganti Gu. Tu suka banget sama Gu, kalo kalian nggak jeli, kalian pasti mikirnya Tu itu cinta bertebuk sebelah tangan sama Gu, karena Gu sering bgt nolak Tu kalo didepan orang banyak. But..

Oke cerita tentang Tu dan Gu ini bakal gue ceritain di paragraf terpisah. Karena cerita ini lanjutan Rama dan Shinta kemarin. Yep Tu dan Gu adalah Rama dan Shinta. Terus, Tu itu nunjukkin banget ke Gu dan temen temennya kalo Tu suka banget sama Gu. Tapi apa iya Tu terlalu stupid untuk stay with Gu, kalau ceritanya sampe situ situ doang? Nope.
We don’t even know apa yang Tu dan Gu lakuin di belakang (hahaha but i know). Kita nggak tahu kan Tu dan Gu pernah ngobrolin apa (tbh i know juga wahahah). Dan Gu, juga ngomong apa about Tu depan Ann? Ah they’re too complicated, but cute. Jadi, kesimpulannya adalah;

People suka ngomongin atau nunjukin cerita heartbreaks karena mereka mau punya point of view yang beda, tujuannya apa, ya ada yang mikir ‘ah kalo gue kan cinta jadi otak gue nggak jernih, gue bakal subjektif’ (okay that’ so me) atau kayak Tu dan Gu “bikin barrier”.

But whatever tujuannya, intinya saran Ann nih ke pencerita adalah don’t expect kalo mereka bakal ngomong sesuai apa yang lo pengen becuase they don’t even know semuanya dan jangan terlalu ngikutin juga, ya karena mereka memang nggak bakal pernah ngerti (ya ini tergantung juga sih), terus buat pendengar, if you know nothing, say nothing, kecuali ya memang dia minta, dan tegantung juga. Terus ya don’t expect them untuk nurut, seringkali gue denger ‘lagian lo gue suruh putus gamau, malah curhat lagi kayak gini’ well, darling, dan you, as a friend, as  listener hanya punya peran ngasih saran, dan sesuai katanya, pendengar. Lo nggak berhak ngejudge, apalagi ngasih vonis.

Dan saran lanjutannya adalah, just tell them about your lovey-dovey story. Kalau memang niat cerita, dan memang butuh saran, ya ceritain manis pahitnya. Don’t make people mistake love with heartbreaks. Bikin orang orang punya perspektif, kalo yes cinta isn’t just about sugary sweet things, or just about heartbreaks or hurt. Cinta itu kayak yin yang, ah cinta itu.. ya gitu deh.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kenalan dengan saya disini!