Renaissance

03.13 Pohon Belimbing 0 Comments

Tahukan Anda apa arti Renaissance? Secara etimologi Renaissance berasal dari bahasaLatin yaitu kata Re berarti kembali dan naitre berarti lahir. Secara bebas kata Renaissance dapatdiartikan sebagai masa peralihan antara abad pertengahan ke abad modern yang ditandai denganlahirnya berbagai kreasi baru yang diilhami oleh kebudayaan Eropa Klasik (Yunani danRomawi) yang lebih bersifat duniawi.

Menurut pendapat para ahli sejarah, Renaissance awalnya dimulai di Italia. Mengapademikian? Setelah runtuhnya Romawi Barat tahun 476M, Italia mengalami kemunduran, kota-kota pelabuhan menjadi sepi. Selama abad 8-11 perdagangan di laut Tengah dikuasai oleh pedagang muslim. Sejak berlangsung perang salib (abad 11-13) pelabuhan-pelabuhan di Italiamenjadi ramai kembali untuk pemberangkatan pasukan perang salib ke Palestina. Setelah perangsalib berakhir pelabuhan-pelabuhan tersebut berubah menjadi kota dagang yang berhubungankembali dengan dunia timur. Muncullah Republik dagang di Italia seperti Genoa, Florence,Venesia, Pisa di Milano. Kota-kota ini dikuasai oleh para pengusaha serta pemilik modal yangkaya raya disebut golongan borjuis antara lain keluarga Medicci dari Florence. Merekamendorong terjadinya pendobrakan terhadap polapola tradisional dari abad pertengahan.

Selain kaum borjuis berkembangnya Renaissance juga karena peranan golonganHumanisme. Siapakan kaum humanis itu? Mereka merupakan kelompok orang yangmengabdikan hidupnya untuk mempelajari dan mendalami buku-buku karya Pusataka Klasikantara lain buah pikiran Sokrates, Plato dan para filsuf Yunani yang lain. Kaum Humanis terdiridari sastrawan, seniman, ahli agama/teologi., guru kaum borjuis, orator (ahli pidato) dansebagainya.

Sikap hidup kaum Humanis antara lain :

1. Kritis dan tidak mudah percaya tanpa bukti nyata (skeptis)

2. Menentang terhadap tradisi lama

3. Sekularisme (sikap mengutamakan keduniawian dan hidup di dunia ini). Hal ini dikenal
melalui pandangan hidupnya berbunyai “Carpe Diem” (nikmatilah hidup) yang bertolak belakang dengan pandangan hidup pada abad pertengahan yaitu “ momentomori” (ingatlah hari sesudah mati)

4. Record breaker, memecahkan rekor menghasil karya-karya yang terkenal


Revolusi besar dalam ilmu pengetahuan baru terjadi pada jaman modern kurang lebihabad 17 namun Renaissance dapat dianggap sebagai masa persiapan. Hasil karya golonganHumanis memberi sumbangan berharga contoh: karya Leonardo dan Vinci berupa mesin bubut, pompa, alat peperangan, pesawat terbang. Selain itu masih ada penemuan lain yaitu mesin cetak,mesiu, kompas magnetic, peta dan lain-lain.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kenalan dengan saya disini!