Michelangelo

03.19 Pohon Belimbing 0 Comments


Michaelangelo Bunarotti (6 Maret, 1475 - 18Februari, 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance.
Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Sistine's Chapel.
Riwayat hidup
Lahir dekat Arezzo, di Caprese, Toscana, Italia tahun 1475. Ayahnya Lodovico diLeonardo di Buonarotti di Simoni adalah seorang pegawai hukum di Caprese. Ibunya Francescadi Neri del Miniato di Siena. Keluarganya memiliki status kebangsawanan rendah.
Ayahnya menginginkan agar Michaelangelo berkonsentrasi ke profesi yang dianggap lebihmapan, namun Michaelangelo menyukai seni rupa. Ia lalu dibina oleh Domenico Ghirlandaio(namun dengan suatu sebab Michaelangelo menolak hal ini) dan Bertoldo di Giovanni.Ghirlandaio kemudian merekomendasikannya kepada Lorenzo de Medici. Ia lalu membuat beberapa karya yang cukup mengagumkan (untuk usianya yang masih belasan tahun), namun belum mampu membuat namanya menjadi lebih terkenal, di antaranya:

1. Madonna de la Salsa (1490-1492)
2. Battle of the Centaurs (1491-1492)

Ciri perfeksionisme Michaelangelo mulai berkembang sejak kritik-kritik yang dilancarkan Lorenzo de Medici.
Pada November 1497, duta besar Perancis meminta Michaelangelo membuat Pietà, patung Bunda Maria yang menangisikematian Yesus. Karya ini menjadi pelopor dicantumkannya nama pematung langsung di karya yang dibuat.Di masa ini, karya-karya Michaelangelo mulai mendapatkan apresiasi yang baik. Dan pada tahun 1504, ia mulai mengerjakankaryanya yang paling terkenal, David yang kemudian dipajang di Piazza della Signoria. Karya ini dimaksudkan sebagai simbol kekuatanRepublik atas ancaman dari faksi-faksi yang bertikai di daerah Romawi. Karya ini juga menjadi awal perseteruannya dengan Leonardoda Vinci yang menyarankan agar karya tersebut di tempat yang tidak terlalu mencolok.
Akhir riwayat hidup

Michaelangelo kembali mendapat kepercayaan untuk menyelesaikan bagian terakhir dariFresko Sistine's Chapel, yaitu Last Judgement. Karya ini kemudian menimbulkan kontroversikarena pengeksposan ketelanjangan. Karya ini diperbaiki oleh asistennya Daniele da Volterradengan menambahkan lukisan kain penutup di bagian yang dianggap penting.

Michaelangelo meninggal pada 18 Februari 1564 di usia 88 tahun. Ia sempat membuat parodi Pietà, dengan mengganti Bunda Maria dengan sosok yang diduga adalah dirinya sendiri.

Kepribadian

Kecenderungan karya Michaelangelo untuk menampilkan objek nudity tubuh laki-lakimembuat ia diduga mengalami kelainan homoseksualitas. Selain itu, pada masa Medici homoseksualitas memang menjadi budaya yang lazim terjadi walaupun tetap dianggap amoral. Ia pun pernah terlibat percintaan dengan salah seorang bangsawan laki-laki.
Namun tetap ada catatan mengenai kedekatannya dengan Vittoria Colonna, salah satumodel studinya. Tetapi hubungan ini dinilai hanya sebatas teman dekat karena Vittoria Colonnaadalah seorang dari sedikit perempuan di masa Renaissance yang memiliki wawasan tinggi di bidang sains.
Sifat perfeksionis terlihat di banyak karya Michaelangelo, salah satunya patung Faunyang dikritik oleh Lorenzo de Medici. Michaelangelo rela menghancurkan gigi-gigi Fauntersebut untuk memenuhi keinginan Lorenzo de Medici untuk membuat patung itu terlihat tua.
Salah satu kesalahan kecil yang pernah dibuatnya setelah itu adalah Patung Bacchus. Patung ini dirancang dengan tidak memperhatikan adanya kemungkinan cacat pada bahan baku.Akibatnya, muka patung ini terlihat retak menghitam.
Kesalahan ini dibayar Michaelangelo saat pembuatan David. Semua bagian terkecil darimarmer yang disiapkan dalam pembuatan patung ini diperhitungkan seteliti mungkin. Hal inimembuat karyanya dihormati karena ketelitian seperti itu sulit disaingi oleh pematung lain.
Namun pribadi Michaelangelo tidaklah sesuci karyanya yang banyak dipajang di altargereja. Selain isu homoseksualitas, perbuatannya membongkar tubuh mayat membuat ia harusmenghadapi banyak pemeriksaan. Karya-karyanya juga banyak yang terlantar hanya karenamasalah uang. Dan saat ini, autobiografinya diduga banyak dimanipulasi untuk mengangkat namanya sendiri. Ia juga terlibat rivalitas tidak sehat dengan Leonardo da Vinci

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kenalan dengan saya disini!