Kekaguman dan Kebesaran masa Renaissance

02.47 Pohon Belimbing 0 Comments

Sekarang saya lagi sangat mengagumi Renaissance. Iya, abad dimana ilmu pengetahuan, seni, kehidupan manusia menjadi modern. Abad setelah abad kegelapan. Alasannya adalah saya begitu kagum dan baru menyadari kehebatan manusia dan kemuliaan Tuhan.
Jadi bermula dari James Watt, penemu sebuah mesin uap yang akhirnya menjadi cikal bakal revolusi Industri. Cikal bakal dimana manusia seakan baru tersadar akan kecerdasan dan ilmu pengetahuan dan kebebasan dan munculah Renaissance dan disitulah banyak sekali seniman seniman muncul, pemikir pemikir, revolusi, kemerdekaan, dan salah satunya Reformasi Gereja.
Intinya disitu, sebab saya tidak akan menceritakan tentang hal tersebut dengan lengkap. Kalau penasaran, nanti silahkan pelajari sendiri.
Tapi bayangkan, dahulu Eropa dikuasai oleh kekuasaan gereja, semua seakan pasrah dan tunduk. Tidak ada kebebasan untuk berkomentar tetapi seperti dalam jentikan jari, seakan akan manusia dicerahkan oleh pengetahuan. Dari situ, setaip aspek kehidupan berubah. Misal dalam aspek ekonomi, ada merkantilisme, ada pembentukan mata uang, ada sistem kredit debit. Semuanya itu adalah buah Renaissance. Terima kasihlah anda pembaca pada keluarga Medici, Rockfeller, Rothschild, dan lain lain.
Belum lagi dalam aspek agama, tentu saja, adanya Kristen Protestan dan berbagai aliran. Dan beberapa orang yang muak terhadap gereja atau mungkin terlalu memuja ilmu pengetahuan akhirnya menjadi atheis dan sejenisnya yang lain. Manusia dibebaskan untuk berpikir.
Tapi yang paling saya puja adalah seni, tentu saja. Siapa yang tidak kenal Leonardo Da Vinci atau Michelangelo, dan sebagainya.
Disinilah bisa kita lihat peradaban emas manusia. Kecerdasan dan kehebatan ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kenalan dengan saya disini!