Id Est.

23.37 Pohon Belimbing 0 Comments

Tuhan merawat yang hidup dan yang mati. Tuhan tidak pernah terkejut ketika satu per satu dari kami, menumbuhkan yang hidup, dan mengenang yang mati.
Karena barangkali, yang hidup sudah terlanjur mati, dan yang mati terus saja berjalan di muka bumi dan hidup lagi.

Ia tidak suka berkata kata tentang yang hidup dan yang mati. Tapi seketika kulontarkan pertanyaan, tentang apa, apa yang membedakan orang yang hidup dan yang mati?

Ia tidak suka berkata kata tentang yang hidup dan yang mati. Ia tidak menjawab. Dan aku masih terus menerus bertanya, barangkali sudah diluar kata.

“Hidup adalah tentang makna” begitu bisikNya.

“Konon dahulu seseorang mati meminta padaku, katanya, tolong ciptakan bagiku sebuah makna”  lanjutNya. “Dan aku menciptakan tiga hal yang sampai saat ini berhamburan jatuh ke muka bumi. Air mata, kenangan, dan kata kata.”

Dan kini, orang mati itu menjadi dunia, bagi mereka yang memiliki makna. Lihat, orang mati itu berjalan jalan di bumi, mengumpulkan satu per satu air mata, kenangan dan kata kata yang berhamburan untuknya.

Ternyata ia bersikeras abadi.

Dan ia yang bersikeras abadi itu, menatapku, dan berkata kata juga. Aku terkejut ia yang mati juga punya kata kata.

“Tuhan yang merawat yang hidup dan yang mati itu, membiarkan aku pergi, dan seketika itu juga membiarkan aku pulang. Karena setelah petang, aku biasanya selalu pulang, bagi mereka yang memiliki makna. Pulang menjadi angin yang terbang rendah, dan pulang untuk mengaku luka.”

“Kalian yang hidup, adalah jendela yang terbuka, yang menantiku pulang dengan setia, tapi kamu lupa, bahwa sekarang, makna bagiku bisa apa saja, dan aku bisa pulang dengan wujud apa saja.”

“Dan bagimu, aku datang untukmu dengan wujud kata kata.”

Aku menatap udara udara yang berputar putar di sekeliling waktu, dan haru.
Dan aku menemukanmu, sengal nafas yang menggores kata, menggores makna.
Aku menemukanmu disitu, dan memastikan, ada kekal disitu.

- Angel Jessica
19 April 2016
Persembahan hari lahir untuk sahabat saya, Adit.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Kenalan dengan saya disini!